Begini cara Menabung yang benar !

Photo by Alexander Mils from Pexels


Salam, Hai sobat entreprenuer ! kali ini kita akan sedikit membahas tentang bagaimana cara menabung yang benar. banyak dari kita yang mengartikan menabung ya menabung seperti umumnya. tetapi terkadang cara menabungnya banyak yang salah (dalam arti, belum terkumpul sudah diambil) atau misalnya dikit2 tidak disiplin.

So, bagaimana caranya anda bisa menabung dengan cara yang benar?

Ada 10 poin yang harus anda lakukan untuk agar menabung anda menjadi lebih kaya dan tambah makmur !

  • Tujuan Menabung
Apa tujuan anda menabung? kalau bisa tujuan anda menabung itu tertulis, dideskripsikan apa yang anda inginkan. misalnya: anda ingin jalan-jalan atau ingin keliling dunia atau anda ingin membeli aset yang menghasilkan, contohnya: beternak sapi atau aset lain yang menghasilkan atau untuk investasi anda. ketika tujuan itu anda tuliskan, anda menjadi semakin punya motivasi yang kuat untuk disiplin menabung.
  • Buat Jadwal Menabung
Contohnya, Mengajarkan anak untuk menabung, caranya sederhana yakni membuat jadwal setiap hari. setiap anda pulang kerja beri anak uang untuk nantinya dimasukkan kedalam tabungan. jadi, setiap hari mereka akan menagih kita untuk minta uang untuk ditabung. berapa pun nilainya, intinya adalah mengajarkan mereka untuk konsisten memasukkan uang ke dalam tabungannya. Contoh lainnya, anda juga harus konsisten untuk menabung pada hari jum'at, maka setiap hari jum'at, berapa pun uang yang anda miliki anda harus masukkan ke dalam tabungan, berapa pun nilainya.
  • Nabung Otomatis
Maksudnya adalah ketika anda bekerja di suatu perusahaan, dan perusahaan tersebut bekerjasama dengan bank untuk sistem penggajian, maka anda datang dan meminta kepada pihak bank untuk memotong gaji anda tiap bulan dengan maksimal yang telah anda tentukan kepada pihak bank. nantinya bank akan memotong gaji anda dan memasukkannya pada rekening deposito. kalau otomatis debit ini berjalan, anda nggak usah mikir lagi bahwa anda harus menabung. anda sudah otomatis menabung.

  • Jangan tunggu besar
Jangan tunggu besar baru anda menabung. mulailah dari hal yang kecil, mulailah dari uang yang kecil. yang penting mulai, yang penting nabung. mulai dari kecil berarti lebih bagus daripada tidak sama sekali.
  • Mempelajari pajak
Jangan hanya belajar nabung, anda juga harus mengerti bagaimana mekanisme pajak ditagihkan kepada anda. berapa besar pajak yang harus anda bayarkan? dan bagaimana anda bisa menghemat pajak. dengan anda mampu menghemat pajak, anda mampu menabung lebih banyak.
  • Stop tagihan berlanggan yang tidak terpakai
Jika anda memiliki layanan berlangganan perbulan yang tidak diperlukan lebih baik unsubscribe layanan langganan anda dan pilih sesuai dengan keperluan anda, walaupun nilainya kecil, namun jika ditabung, semakin lama maka akan semakin besar.
  • Beli Bekas
Jangan beli barang baru, jika ada barang bekas yang berkualitas sebaiknya itu yang anda pilih. contohnya membeli mobil bekas, kenapa? karena mobil itu, antara biaya perawatan dengan nilai jual itu berbanding terbalik. mobil baru itu biaya perwatannya rendah, tapi nilai jualnya tinggi.

  • Belanja saat diskon

Belanja saat diskon itu sama kualitasnya saat belanja tidak diskon. jadi jika anda beli baju dan dipandang dari segi style, orang tidak akan tahu kalau anda beli diskon karena kualitasnya sama. jadi belilah kebutuhan anda ketika sedang ada diskon karena lebih jauh profitable.

  • Membawa bekal makanan

Bawalah bekal makan dari rumah supaya uang yang anda gunakan untuk membeli makan bisa dialihkan ke tabungan dan jauh lebih hemat serta jauh lebih sehat.

  • Menggunakan obat generic ketika sakit

Jadi diluaran sana banyak sekali jenis obat, ada obat yang paten tapi harganya tinggi namun ada juga obat yang  paten tapi harganya lebih murah yaitu obat generic. karena kalau dilihat kembali khasiatnya sama dan harganya jauh lebih murah. sehingga kita tidak termakan dengan namanya promosi atau termakan iklan.

Nah, itulah 10 poin cara menabung yang benar yang akan membuat anda lebih banyak menabung dan bukan hanya sekedar menabung, tapi anda juga memiliki strategi untuk memiliki uang lebih untuk menabung. setelah uang anda cukup, saran saya investasikanlah, bisa berinvestasi dengan emas, property atau investasikan di diri anda sendiri untuk belajar agar mindset anda, fikiran anda, tambah hebat untuk jadi orang hebat.
Artikel Selanjutnya Artikel Sebelumnya
Belum Ada Komentar :
Tambahkan Komentar
Comment url
Post Terkait :
Bisnis,Ekonomi